Kenapa Membutuhkan Web Hosting? 0 Discussion

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu web hosting. Ya! Web hosting pada dasarnya hanyalah sekumpulan komputer yang menjadi rumah untuk file Website kita. Kalian mungkin akan bertanya pada diri kalian sendiri, “Jika hosting benar – benar hanya terdiri dari komputer yang melayani dan manajemen file situs web, lalu kenapa saya harus menghosting situs web saya? Kan saya juga mempunyai sebuah komputer / Laptop!”. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah “IYA, kamu bisa menghosting file website kamu sendiri”. Tetapi itu bukanlah ide yang bagus atau bahkan sangat buruk! Kenapa ? Untuk menjawab itu mari kita simak ulasan dibawah ini.

Di saat ini ada banyak sekali layanan web hosting dengan biaya rendah / harga terjangkai tapi dengan kinerja tinggi, belum lagi ditambah domain gratis. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa menghosting situs web kita sendiri itu sangatlah mustahil.

1. Daya Listrik

Daya Listrik

Jika daya listrik di rumah kamu padam, maka situs web kamu tidak akan bisa untuk diakses. Belum lagi komputer kamu harus selalu menyala selama 24 Jam Nonstop.

2. Konektifitas Jaringan (Kecepatan dan Stabilitas Internet)

Kecepatan dan Stabilitas Internet

Koneksi internet kalian harus cepat dan stabil. Mungkin kalian memiliki koneksi internet dirumah yang sangat cepat, namun biasanya itu hanyalah kecepatan unduh / download saja. Kalau kalian sedang berbicara server, kecepatan unggah / upload kalian harus sangat cepat kerena akan digunakan untuk mengirim file. Saya yakin bahwa kecepatan unggah / upload internet dirumah kalian kurang dari 20% dari kecepatan unduh / download.

Speedtest result

3. Alamat IP (Dinamis / Statis)

www

Sambungan internet rumah kamu memiliki alamat IP dinamis yang berubah seiring waktu. Ini seperti alamat rumah kamu yang akan terus berubah ubah, lalu bagaimana orang yang ingin mengirimi kamu surat / paket barang. Alamat kamu terus berubah dan pengunjung web kamu akan kesulitan untuk mencari alamat kamu.

4. Maintenance (Perawatan perangkat keras dan perangkat lunak)

Server Maintenance

Perangkat keras komputer kalian harus sering kalian rawat / pelihara dan juga di cek apakah semua komponen berfungsi dengan baik, dan jika ada komponen yang rusak kalian harus langsung menggantinya. Ini mungkin terlihat normal – normal saja, namun waktu yang dibutuhkan mengganti perangkat kerasnya mungkin akan memakan waktu 1 – 2 hari (Otomatis website kamu akan down). Belum lagi kalau ada problem malware, spamer, dll ataupun masalah pada sistem operasi dan perangkat lunak kamu.

Komputer pribadi Menggunakan layanan web hosting
Daya listrik bisa saja padam / mati Dilengkapi daya listrik yang memadai
Kecepatan internet lambat dan tidak stabil Sangat cepat dan dengan koneksi internet yang stabil
Alamat IP Dinamis Alamat IP Statis
Pemeliharaan hardware oleh kamu sendiri Pemeliharaan perangkat keras oleh tim – tim yang handal.

Tags: internetwebhostWebhostingWebsitewebsitehosting

Search

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *