Apa itu Web Server 0 Discussion

Web server adalah program yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk melayani file dalam bentuk halaman web ke pengguna, sebagai tanggapan atas permintaan mereka, yang diteruskan oleh komputer klien HTTP mereka. Komputer dan peralatan khusus dapat juga disebut sebagai web server.

Untuk lebih singkatnya Web server adalah sebuah sistem yang memberikan konten atau layanan kepada pengguna melalui internet. Sebuah web server terdiri dari sever fisik (Hardware), sistem operasi server serta perangkat lunak yang digunakan untuk memfasilitasi komunikasi HTTP.

Sekarang kita bahas satu persatu tentang web server baik itu Hardware maupun Softwarenya.

  • Dari sisi perangkat keras (Hardware), Web server adalah komputer yang menyimpan perangkat lunak dan file – file komponen situs web (Misalnya dokumen HTML, gambar, CSS, dan file JavaScript). Komputer tersebut terhubung ke internet dan mendukung pertukaran data secara fisik dengan perangkat lain yang terhubung ke web.
  • Di sisi perangkat lunak (Software), Web server mencakup beberapa bagian yang mengontrol bagaimana pengguna web mengakses file yang dihosting, minimal sebuah server HTTP. Sever HTTP adalah perangkat lunak yang memahami URL (Alamat Web) dan juga HTTP (protokol yang digunakan oleh browser kamu untuk melihat halaman web). Server HTTP ini dapat diakses melalui nama domain (seperti macode.web.id) dari situs web yang disimpannya, dan mengirimkan kontennya ke perangkat pengguna.

 

Cara Kerja Web Server

Prosesnya secara umum seperti model client / server yang dimana semua komputer yang menjadi host situs web, harus memiliki program / aplikasi web server.

Pada tingkat yang paling dasar, setiap kali browser membutuhkan file yang dihosting pada web server, browser meminta file melalui HTTP. Ketika permintaan mencapai web server yang benar (perangkat keras), server HTTP (perangkat lunak) menerima permintaan, menentukan dokumen yang diminta (jika tidak merespon maka akan di alihkan ke halaman 404), dan mengirimnya kembali ke browser (melalui HTTP juga).

Cara Kerja Web Server

Untuk mempublikasikan situs web, kamu memerlukan web server statis maupun dinamis.

  • Web Server Statik, atau stack, terdiri dari komputer (perangkat keras) dengan server HTTP (perangkat lunak). Kenapa disebut “statis / statik” karena server mengirim file yang di-hosting “sebagaimana adanya” ke browser kamu.
  • Web Server Dinamis, terdiri dari web server statis ditambah perangkat lunak tambahan yang paling umum adalah aplikasi server dan database / basis data. Disebut “dinamis” karena aplikasi pada server memperbaharui file yang dihosting sebelum mengirimnya ke browser kamu melalui server HTTP.

Misalnya untuk menghasilkan halaman web terakhir yang kamu lihat di browser, aplikasi web server mungkin mengisi template HTML dengan konten dari database. Situs – situs besar seperti WordPress / Medium yang memiliki ribuan halaman web, tetapi halaman mereka bukan halaman HTML asli, hanya beberapa kerangka HTML dan basis data yang cukup besar untuk konten halaman mereka. Pengaturan ini membuatnya lebih mudah dan lebih cepat untuk mempertahankan maupun mengirimkan konten.

Tags: CSShtmlHTTPHTTPSHypertextJavaScriptWebserverWebsite

Search

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *