Pengenalan HTML


Dalam artikel HTML tingkat dasar akan membahas dasar – dasar HTML, seperti mendefinisikan elemen, atribut, dan semua istilah penting lainnya. Serta membahas apa saja yang dapat dilakukan HTML, menjelaskan fitur bahasa dasar penting lainnya seperti membuat konten halaman.

Apa itu HTML?

HTML (HyperText Markup Language) bukan sebuah bahasa pemrograman, melainkan bahasa markup yang digunakan untuk memberi tahu browser kamu cara menyusun halaman web yang kamu kunjungi. HTML terdiri dari serangkaian elemen yang kamu gunakan untuk melampirkan, membungkus, atau menandai bagian yang berbeda dari konten untuk membuatnya muncul atau bertindak dengan cara tertentu. Sebuah browser akan me-render atau menerjemahkan tag HTML menjadi konten halaman. Setiap tag HTML berupa nama elemen yang dikelilingi oleh kurung sudut.

<tag> isi konten </tag>

Sebagai contoh perhatikan baris kode dibawah ini :

Nama saya budi, saya suka makan roti.

Jika kita ingin baris tersebut berdiri sendiri, kita dapat menetapkannya sebagai sebuah paragraph dengan elemen/tag <p>. Maka kode HTML adalah seperti ini :

<p>Nama saya budi, saya suka makan roti.</p>

Beberapa contoh penjelasan tag HTML :

HTML merupakan bahasa inti dari sebuah web, untuk membuat konten yang dapat dimengerti dan dapat diterjemahkan oleh browser (Chrome, Opera, Firefox, edge, safari, dll) berupa struktur halaman web (Tag atau Markup). HTML dapat dimanfaatkan untuk :

  1. Menulis dokumen dengan judul, teks, list / daftar, photo,
  2. Mendapatkan informasi online melalui tautan atau link atau
  3. Menampilkan video, suara, text, gambar, tabel, dll.

Berdasarkan jenis atau versinya HTML memiliki beberapa versi sejak tahun terbentuknya HTML yaitu tahun 1991. HTML terus dikembangkan dari prototipe yang ditulis oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1992. Hingga saat ini HTML di standarisasi dan diatur oleh World Wide Web Consortium atau disingkat W3C. Beberapa versi HTML :

Versi Tahun rilis
HTML 1 1991
HTML 2.0 1995
HTML 3.2 1997
HTML 4.0 1999
XHTML 2000
HTML 5 2014