Pengenalan CSS


CSS (Cascading Style Sheets) digunakan untuk membuat style/model dan layout/tata letak halaman web. Sebagai contoh, untuk mengubah warna, ukuran dan jarak konten anda, membagi konten menjadi beberapa kolom, atau menambahkan animasi dan fitur dekoratif lainnya. Pada modul CSS Tingkat Dasar ini akan membantu kamu untuk memulai menguasai dasar – dasar dari CSS dan cara kerjanya, seperti pemilihan properti, aturan dalam menulis CSS, menerapkan CSS ke HTML, cara menentukan panjang, lebar, warna, dan unit lain dalam CSS.

Bagaimana CSS Dapat Mempengaruhi HTML

Sebuah web browser akan menerapkan rules/aturan CSS ke dokumen untuk mempengaruhi tampilan merka. Aturan CSS tersebut dibentuk dari :

Satu set aturan CSS yang terdapat dalam stylesheet menentukan tampilan halaman web. Untuk lebih lengkapnya akan dibahas diartikel selanjutnya mengenai sintaks CSS, yang jelas untuk mempengaruhi HTML, CSS membutuhkan seletor (untuk menentukan) dan sebuah properti (untuk mendeskripsikan apa yang ingin diubah)

Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja CSS

Ketika browser menampilkan dokumen, browser harus menggabungkan konten dokumen dengan informasi stylenya. Penggabungan tersebut memproses dokumen dalam dua tahap :

  1. Browser mengubah HTML dan CSS menjadi DOM (Document Object Model). DOM mewakili dokumen dalam memori komputer.
  2. Browser menampilkan isi dari DOM.

Browser akan mengurai dan membuat DOM dari HTML dahulu, baru menguraikan CSS.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, CSS adalah bahasa untuk menentukan bagaimana dokumen disajikan kepada pengguna – bagaimana mereka ditata, ditata, dll.

Sebuah dokumen biasanya berupa file teks yang terstruktur menggunakan bahasa markup – HTML adalah bahasa markup yang paling umum, tetapi Anda juga akan menemukan bahasa markup lainnya seperti SVG atau XML.

Menyajikan dokumen ke pengguna berarti mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk audiens Anda. Browser, seperti Firefox, Chrome atau Internet Explorer, dirancang untuk menyajikan dokumen secara visual, misalnya, di layar komputer, proyektor, atau printer.